6 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

6 Makanan Penurun Kadar Kolesterol – Ikan laut, red wine, kacang-kacangan dan minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar Kolesterol. Ini Anda pasti sudah tahu. Tapi apakah Anda juga tahu bahwa enam makanan berikut ini punya manfaat yang sama dengan ikan laut dan red wine?

Alma

Alma atau Gooseberry India, adalah buah berbentuk bulat, hijau, rasanya asam bercampur pahit, dan mengandung cukup banyak serat.

Alma banyak tumbuh di India, Timur Tengah, dan beberapa negara Asia tenggara. Alma telah ribuan tahun digunakan sebagai berbagai macam obat oleh tradisi pengobatan India kuno atau Ayurvedic.

Buah ini dipercaya dapat menurunkan kadar Kolesterol dan trigliserida tapi tidak memiliki efek apapun terhadap Kolesterol baik atau HDL. Hal ini telah diakui oleh sebuah studi yang dilansir Journal of Medical Food.

Barley

Barley adalah sejenis biji-bijian yang memiliki manfaat hampir sama dengan gandum, yaitu menurunkan level Kolesterol di dalam darah. Barley kaya akan jenis serat larut air yang mampu mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Barley enak dinikmati untuk sarapan, juga untuk makan siang ataupun malam.

Alpukat

Sebuah penelitian dari Penn State University mengungkapkan, orang yang makan sebuah alpukat setiap hari terbukti kadar kolesterolnya turun dibanding yang tidak makan alpukat. Alpukat adalah buah yang cukup kaya lemak dan kalori, namin jenis lemaknya dalah jenis lemak baik.

Stroberi

Sebuah studi yang dirilis oleh Journal Nutrition menyebutkan, orang yang mengonsumsi 3,5 cangkir stroberi segar sebanyak tiga kali seminggu, terbukti kadar kolesterolnya turun di minggu ke-4 penelitian. Karena stroberi adalah buah yang tergantung musim, Anda bisa menikmati stroberi beku saat pohonnya belum berbuah.

Probiotik

Mikroorganisme hidup yang hidup dalam pencernaan dan punya manfaat kesehatan, disebut dengan nama probiotik.

Penelitian yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, wanita yang mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik selama lebih dari 12 minggu, terbukti dapat menurunkan kadar kolestrolnya dalam jumlah yang cukup signifikan.

Selain menurunkan kolestrol, probiotik juga bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Probiotik dapat ditemukan di yogurt, kefir dan makanan fermentasi seperti tempe.

Anggur

Kandungan polifenol di dalam red wine atau minuman anggur merah, dalam kadar moderat, telah terbukti bagus untuk kesehatan jantung.

Anggur, tidak hanya yang berwarna merah, juga kaya akan resveratol, vitamin C dan B6, potasium dan flavonoid. Semua nutrisi ini, bersama-sama, dapat menurunkan jumlah Kolesterol di dalam darah, mengurangi peradangan dan memperlancar aliran darah.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s