Pengaruh Pola Makan Tidak Teratur bagi Kesehatan

Apakah Anda sering menunda makan siang karena belum selesai mengerjakan laporan di kantor? Atau melewatkan arapan karena bangun kesiangan?

Pola makan tidak teratur memang sudah menjadi ciri khas mereka yang sibuk. Banyak orang menganggap waktu makan yang tidak teratur itu tak akan menimbulkan masalah, asalkan setelahnya kita tidak makan berlebihan.

Dalam hasil penelitian terbaru disebutkan, sebenarnya bukan cuma apa yang kita makan, tapi kapan kita makan, yang berpengaruh bagi kesehatan.

Pola makan tidak teratur disebutkan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, mulai dari hipertensi hingga diabetes, tanpa melihat apakah total kalori yang diasup banyak atau sedikit.

Beberapa penelitian juga menyebut, orang yang makan tidak teratur cenderung memiliki kadar Kolesterol lebih tinggi dan insulin yang lebih buruk dibandingkan dengan orang yang makan teratur.

Menurut para ahli, memang ada kaitan antara metabolisme dan irama sirkadian tubuh. Ada banyak proses metabolik di tubuh, misalnya nafsu makan, pencernaan, dan metabolisme lemak, Kolesterol, dan glukosa, yang mengikuti pola yang sama setiap 24 jam.

“Makan secara teratur akan berpengaruh pada jam biologis tubuh. Jika terjadi gangguan pada waktu-waktu itu, bisa memicu risiko kesehatan,” kata Gerda Pot, PhD, ahli diabetes dan nutrisi.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s