Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Matang Ketimbang Mentah

2305122shutterstock-301920422780x390

Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Matang Ketimbang Mentah

Ini kerap menjadi topik panas di kalangan pecinta sayuran: mana yang mengandung gizi lebih baik, sayuran matang atau mentah? Di satu sisi, banyak yang berpikir bahwa memasak sayuran akan melarutkan semua vitamin, kunci dari sayuran dan menghancurkan enzim hidup yang bermanfaat.

Tapi nyatanya, tak selalu demikian. Penelitian menunjukkan, memasak beberapa sayuran dapat memecah dinding sel yang keras dan membuat nutrisi lebih mudah menyerap.

Wortel
Hampir semua orang tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Itu berkat senyawa yang disebut beta-karoten, yang memberikan wortel warna oranye cerah.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk membangun visi yang baik, kekebalan tubuh, dan kulit yang sehat.

Pada tahun 2002, peneliti menemukan bahwa memasak wortel dapat meningkatkan jumlah beta-karoten yang mudah diserap oleh tubuh.

Tomat
Saus tomat atau pasta tomat yang terbuat dari tomat segar yang dimasak, nyatanya lebih sehat ketimbang tomat yang dikonsumsi mentah.

Saat Anda mengonsumsi tomat segar, maka Anda hanya mendapatkan sekitar 4% dari likopen antioksidan, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ilmu Pangan dan Gizi Internasional.

Pasalnya, tomat mentah memiliki dinding sel tebal yang membuat tubuh kesulitan untuk menyerap likopen. Setelah mereka dimasak, likopen menjadi lebih mudah untuk diserap, kata Wendy Bazilian, RD, penulis Eat Clean, Tetap Ramping.

Bayam
Selain zat besi, folat dalam bayam penting untuk pertumbuhan sel dan kesehatan reproduksi. Sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa memasak bayam akan menjaga tingkat folat secara konstan.

Walau vitamin akan berkurang saat bayam mulai menjadi layu akibat pemanasan, sebenarnya tubuh mendapatkan folat yang lebih banyak setelah bayam dimasak.

Asparagus
Satu batang asparagus mengandung vitamin pelawan kanker seperti vitamin A, C, dan E, serta folat. Tapi dinding sel yang tebal membuat tubuh sulit untuk menyerap nutrisi sehatnya. Memasak asparagus akan memecah sel berserat, sehingga Anda bisa menyerap lebih banyak vitamin.

Posted by Ys.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s