Saat Stres Konsumsi 5 Makanan Ini

1441262blueberry-foto-dr-fitnea780x390

Saat Stres Konsumsi 5 Makanan Ini

Kita tentu tahu kalau stres dapat menyerang semua orang. Stres sendiri bisa disebabkan oleh beragam hal. Masalahnya, jika stres telah melanda, apa yang perlu kita lakukan?

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stres, seperti meditasi, olahraga, atau istirahat. Se itu, tahukah Anda kalau makanan juga dapat membantu kita untuk menghilangkan stres?

1. Blueberry.
Buah ini kaya akan antioksidan. Blueberry juga mengandung fitonutrien yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Zat ini membantu meningkatkan respon tubuh untuk melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres.

2. Salmon.
Omega 3 di dalam salmon dapat mengurangi hormon kecemasan, seperti hormon kortisol yang akan meningkat saat stress menyerang.

Menurut Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center, omega 3 di dalam salmon memiliki sifat antiinflamasi. Nah, sifat inilah yang membantu tubuh melawan efek negatif dari hormon stres.

3. Dada Kalkun.
Yang satu ini mengandung tryptophan (salah satu asam amino penyusun protein) yang membantu meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin inilah yang dapat memicu rasa senang dalam diri kita. Tryptophan juga banyak terkandung dalam kacang-kancangan, biji-bijian, ikan, oat, dan telur

4. Sayuran berdaun hijau.
Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat yang dapat meredakan stres. Folat akan menghasilkan dopamin. Yaitu, bahan kimia yang merangsang rasa bahagia di dalam otak. Alhasil, ia akan membuat kita jadi lebih tenang.

Sebuah studi di Universitas Otago juga menemukan temuan serupa. Menurut studinya, mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bertenanga, dan bahagia ketika makan lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Oatmeal.
Menurut sebuah studi, karbohidrat dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin. Tapi, tunggu dulu. Sebaiknya, kita tidak mengonsumsi karbohidrat dari makanan manis seperti donat.

Pasalnya, stres dapat menyebabkan naiknya gula darah. Nah, yang perlu kita konsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

Posted by Ys.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s