Mengapa “Whole Grain” Menyehatkan Tubuh?

1058109ThinkstockPhotos-507512880780x390

Mengapa “Whole Grain” Menyehatkan Tubuh?

Bahan makanan yang terbuat dari biji serelia utuh atau dikenal dengan istilah whole grain selalu masuk dalam daftar utama makanan yang menyehatkan. Apa saja manfaat makanan ini bagi tubuh?

Serelia utuh merupakan biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, biji, dan benih. Misalnya saja oat, barley, sorgum, quinoa, beras yang belum digiling, dan gandum utuh.

Whole grain dianggap menyehatkan karena makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral, misalnya zat besi, folat dan magnesium, serta tentunya serat.

Penelitian menunjukkan, orang yang lebih sering mengonsumsi whole grain memiliki berat badan yang lebih sehat dan risikonya menderita penyakit diabetes atau jantung, lebih rendah.

Konsumsi whole grain juga mampu memberikan energi lebih lama, sehingga cocok dijadikan menu sahur atau pun sarapan karena membuat perut kenyang lebih lama.

Manfaat lain dari serelia utuh adalah menurunkan Kolesterol, menurunkan tekanan darah, serta kandungan mineral di dalamnya bisa membantu melawan stres oksidatif.

Saat ini memang agak sulit menemukan penjual whole grain yang masih dalam bentuk biji. Produk olahan whole grain justru yang sudah banyak dijual di pasaran, mulai dari bentuk tepung hingga makanan olahan (seperti roti gandum, biskuit, oatmeal, atau sereal).

Sebelum membeli makanan mengandung whole grain, pastikah dalam label kemasan apakah terdapat istilah whole grain, gandum utuh, atau oat utuh.

Posted by Ys.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s